Pendidikan Keterampilan Hidup
Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH)
Pendidikan keterampilan hidup atau
PKH adalah salah satu program dari seri guru belajar yang diadakan oleh Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Beberapa bulan yang lalu dimasa pandemi
ini kemdikbud meluncurkan program guru belajar yang diadakan secara daring. Program
guru belajar adalah salah satu cara untuk mengaktualisasikan berbagai
kompetensi yang dimiliki, mengevaluasi diri secara mandiri dan berkelanjutan.
Pembelajaran pada program guru belajar merupakan upaya untuk mendorong
perbaikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Ada beberapa seri program guru
belajar yaitu, Guru belajar Seri Pandemi Covid-19, Seri Pendidikan Keterampilan
Hidup (PKH), Seri Assesment Kompetensi Minimum (AKM) dan ada 2 lagi program
yang akan segera launching yaitu seri Pendidikan Inklusif dan Seri Belajar
Mandiri Calon guru ASN PPPK.
Diantara program tadi yang saat
ini sedang berlangsung adalah seri PKH dan AKM, AKM yang sekarang sudah
angkatan terakhir. Di awal tahun 2021 ini saya berkesempatan mengikuti PKH
angkatan 1 C. Kuota peserta sebanyak 14000 orang guru semuanya sudah penuh di awal
bulan januari kemaren. Peminatnya sungguh sangat banyak, sehingga ada beberapa
teman saya disekolah yang kecewa tidak bisa ikut. Materi tentang Pendidikan
keterampilan Hidup ini memang belum pernah kami dapatkan selama ini.
Apa itu Program Guru Belajar Seri PKH?
Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH)
bagi guru SMP dan SMA/SMK di Indonesia dirancang agar guru dapat mendukung
peserta didik dalam mengembangkan keterampilan abad 21 (seperti pemecahan
masalah, kreativitas dan komunikasi) dan agar mereka memperoleh pengetahuan
komprehensif tentang berbagai topik penting (seperti kesetaraan gender,
keamanan menggunakan internet dan perundungan/ bullying). Metode yang digunakan dalam sesi pembelajaran PKH sangat bevariasi termasuk permainan,
diskusi, role play/drama, penilaian diri, studi kasus, pekerjaan rumah,
pemetaan pikiran, tugas proyek dan presentasi.
Tujuan Program Guru Belajar Seri PKH
·
Meningkatkan kompetensi guru terkait topik topik
pendidikan keterampilan hidup sehingga dapat mendukung peserta didik
mengembangkan keterampilan abad 21 guna mencapai tujuan pendidikan nasional
·
Mengembangkan keterampilan guru dalam
memfasilitasi pembelajaran pendidikan keterampilan hidup peserta didik dengan
menggunakan metode pembelajaran yang aktif, partisipatif dan menyenangkan.
Apa itu keterampilan Hidup ?
Dalam keseharian setiap individu
mengalami situasi dan kondisi yang akan
mempengaruhi hidupnya misalnya gagal dalam sebuah test, mendapat perlakuan yang
tidak baik dari lingkungan,hubungan yang kurang harmonis dengan orang terdekat,
merasa tidak percaya diri dan sebagainya sehingga sering kali merasa tertekan
atau stress.
Nah cara atau metode kita untuk
dapat melalui tantangan dan rintangan tersebut termasuk bagaimana kita
membangun hubungan, memecahkan masalah, membuat keputusan, mengelola resiko dan
bekerja sama dengan orang lain itulah yang dinamakan Keterampilan Hidup.
Pendidikan keterampilan hidup
adalah sebuah kurikulum yang berisikan topik topik penting untuk diketahui oleh
remaja agar kesehatan dan keamanan mereka tetap terjaga saat menjalani masa
remaja. Kurikulum ini mencakup 13 keterampilan hidup yang penting yang berasal
dari kerangka keterampilan hidup UKS dan kerangka keterampilan hidup versi
UNICEF.
13 keterampilan hidup ini adalah
1. Mengatur
diri sendiri
2. Kreativitas
3. Berpikir
kritis
4. Mengambil
keputusan
5. Bernegosiasi
6. Bekerjasama
7. Menyelesaikan
masalah
8. Berpatisipasi
9. Mengelola
stress dan emosi
10. Resilien
(ketahanan)
11. Berempati
12. Berkomunikasi
13. Menghargai
perbedaan
Keterampilan ini akan
berkontribusi kepada pencapaian “ Profil Pelajar
Pancasila”
Manfaat Pendidikan Keterampilan Hidup Bagi Peserta Didik
Pendidikan keterampilan hidup
bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan kognitif,
sosial dan peraasan peserta didik. Hal ini sangat dibutuhkan oleh anak anak
dan remaja untuk proses transisi mereka menuju masa dewasa
Dampak terhadap anak dan remaja
yang mendapatkan pendidikan keterampilan hidup antara lain
1. Dapat
menghargai diri sendiri
2. Mempunyai
kesadaran diri
3. Mengelola
perasaan dan lebih peka terhadap perasaan orang lain
4. Mengatur
diri sendiri
5. Mengekspresikan
diri secara positif dan kreatif
6. Membuat
hubungan yang saling menghormati
7. Mampu
membuat keputusan untuk masa depan
8. Membuat
keputusan berdasarkan informasi
9. Percaya
diri untuk menggali dan menampilkan bakat
Dalam pendidikan keterampilan
hidup kita sebagai guru memiliki peranan yang penting. Guru dituntut untuk
memiliki kemampuan untuk memfasilitasi pembelajaran yang komprehensif terkait
kecakapan hidup guna membekali peserta didik dalam membuat keputusan dan
mengelola resiko dalam hidup meraka.
Sumber https://gurubelajar.kemdikbud.go.id/
Muaro Sijunjung. 23 Februari
2021
Weni Elisa,
S.Pd
NPA :
03100400461
Guru SMA
Negeri 2 Sijunjung – Sumatera Barat
Hari ke 23 “Menulis di Blog jadi Buku “ Tantangan 28 hari “
Semangat Menulis”
Tulisan yang terlambat lagi tapi tetap semangat menuntaskan
tantangan menulis ini.
Komentar
Posting Komentar