Pemanfaata Aplikasi Google dalam pembelajaran geografi
Pemanfaatan Aplikasi Google
Untuk Pembelajaran Geografi
Menjadi guru di era digital seperti sekarang ini memiliki
tantangan tersendiri. Guru dituntut harus lebih kreatif, inovatif dan bisa
menciptakan pembelajaran yang menarik bagi siswa. Tidak hanya itu saja tapi
bagaimana siswa mendapatkan pengalaman yang kuat dari proses belajar yang
mereka jalani. Berbagai media pembelajaran dipakai oleh guru agar dapat menarik
minat siswa untuk belajar
Hal tersebut sangat saya rasakan terutama dalam mata
pelajaran yang saya ampu yaitu mata pelajaran geografi. Salah satu kompetensi dasar
dalam mata pelajaran geografi yaitu tentang pengetahuan dasar-dasar pemetaan, penginderaan
jauh dan sistem informasi geografi (SIG), siswa diharapkan tidak hanya memahami
materi secara teoritis tapi mampu menganalisis peta serta penginderaan jauh dan
SIG. Jadi ingat dulu waktu kuliah untuk mata kuliah penginderaan jauh kami
menggunakan lembar foto udara yang dianalisis menggunakan steroskop untuk
melihat bagaimana gambaran muka bumi secara 3 dimensi. Dan tentu saja semua
media tadi seperti foto udara, streoskop dan lembaran peta itu harganya lumayan
mahal dan agak susah didapatkan.
Perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang ini
sebenarnya sangat membantu kita dalam proses pembelajaran. Sebut saja mbah “Google”
salah satu mesin pencarian ”search engine”
terbesar yang ada didunia saat ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa,
pasti mengenal google. Google sering dimanfaatkan oleh para pelajar, mahasiswa,
guru dan berbagai kalangan untuk mencari apa saja yang ingin mereka ketahui
hanya melalui gadget mereka.
Berbagai layanan dari Google bisa kita gunakan dengan mudah
seperti google drive, google form, google doc. Selama masa pandemi ini banyak
guru-guru menggunakan google meet dan google classroom untuk pembelajaran jarak
jauh. Selain aplikasi tadi masih ada beberapa layanan google yang bisa dimanfaatkan
khusunya dalam pembelajaran geografi, karena aplikasi ini menggambarkan tentang
bumi sehingga siswa benar-benar terlibat dalam proses pembelajaran dan mereka mendapatkan
“Experience”. Apalagi aplikasi ini bisa mudah untuk mereka akses.
1. Google Maps
Google maps adalah aplikasi peta
online gratis dari google yang dapat diakses melalui perangkat mobile. Google
maps berbeda dengan peta berbentuk kertas yaitu tidak terbatas pada satu daerah
atau negara saja. Google maps menyediakan hampir setiap negara didunia. Google
maps menggunakan kombinasi dari citra satelit, foto-foto dan fitur street view
sehingga google maps lebih dari sekedar peta biasa, google maps merupakan cara
untuk mengetahui berbagai tempat di seluruh dunia.
2. Google Earth
Google earth merupakan sebuah program
globe virtual yang sebenarnya disebut earth viewer. Program ini memetakan bumi
dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi
udara dan globe GIS 3D. Globe virtual ini bahkan bisa memperlihatkan bangunan dan
struktur (seperti jembatan) 3D. Google earth mampu menunjukkan semua gambaran
permukaan bumi dengan lebih detail.
3. Google Earth Engine (GEE)
Google earh engine tidak sama dengan
google earth. Google earth engine merupakan sebuah platform berbasis cloud untuk
analisa data spasial teruma data raster. Perbedaan mendasar antara Google
Earth( GE) dengan Google Earth engine (GEE) adalah GE untuk visualisasi
sedangkan GEE merupakan platform untuk data processing. GEE memilki kelebihan salah
satunya bisa mengakses data citra satelit
dan data lainya dalam jumlah besar dan terus di update, sehingga disebut
sebagai teknologi revolusioner dalam penginderaan jauh (remote sensing). Tapi sebelum menggunakan GEE kita harus membuat
akun dulu dan mendaftar untuk bisa mengakses berbagai data dalam platform ini.
Nah itulah beberapa aplikasi atau layanan dari google
yang bisa kita manfaatkan sebagai salah satu media interaktif dalam
pembelajaran geografi, dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan siswa dapat memahami
dan menganalisa bagaimana ruang “space”,
lokasi, wilayah wilayah di permukaan bumi tidak hanya secara teoritis tapi
secara visual 3D. Siswa juga mendapatkan “pengalaman” yang berarti dalam proses
pembelajarannya. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mata pelajaran lain,
semoga bermanfaat.
Muaro Sijunjung, 9 Februari 2021
Weni Elisa,
S.Pd
NPA :
03100400461
Guru SMA
Negeri 2 Sijunjung – Sumatera Barat
Hari ke 9 “Menulis di Blog jadi Buku “ Tantangan 28 hari “
Semangat Menulis”
Komentar
Posting Komentar