Membuat Digital Tools Utuk Interactive Feedback Learning
Membuat Digitals Tools Untuk Interactive Feedback Learning
Tulisan ke 14
Kelas Online Digital Interactive
Learning selama 10 hari yang saya ikuti kemaren sudah berakhir tanggal 12 Februari 2021. Di tulisan ke 7
sebelumnya sudah saya ceritakan tentang kegiatan kelas online yang diadakan
oleh Greenleaf ini. Walaupun sesi belajarnya telah berakhir, namun masih
menyisakan tugas yang harus saya kirim, karena memang tugasnya belum saya
tuntaskan. Seharian ini setelah menyelesaikan “tugas negara” dirumah. Saya
mulai mengerjakan satu persatu tugas pelatihan tersebut.
Tugasnya kali ini adalah membuat
digital tools untuk “Interactive Feedback Learning”. Kalo sudah berhubungan
dengan membuat media pembelajaran saya selalu bersemangat, sejak masa pandemi
jadi sering otak atik laptop, browsing tentang media media pembelajaran, ikut
workshop online media, walaupun belum semuanya di praktekan dalam PBM..hehe.
Ada beberapa digital tools yang
bisa kita pakai sebagai media interactive
feedback(umpan balik) untuk mencapai pembelajaran yang efektif (Efective Learning). Apalagi dimasa pembelajaran
jarak jauh ini, kita sebagai guru dituntut harus kreatif dalam mengelola kelas
maya. Feedback yang kita berikan sangat besar dampaknya pada siswa. Feedback yang
baik dan membangun akan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bahkan
bisa membuat mereka termotivasi untuk terus belajar.
7 alasan pentingnya Interactive Feedback Learning
1)Melibatkan siswa dalam proses
pembelajaran, 2)Membangun kedekatan dengan siswa, 3)Memudahkan dalam proses
belajar, 4)Menentukan strategi belajar yang efektif, 5)Evaluasi proses belajar,
6)Meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi dalam belajar, 7)Mendorong mereka
berpikir kritis.
Jenis Interactive Feedback Learning
1) Interactive
Feedback Informal
Seperti ice breaking, menanyakan kabar,
cita-cita atau hal lain untuk membangun kedekatan dengan siswa, atau melakukan polling terhadap siswa.
2) Interactive
Feedback Formal
Lebih
terstruktur dan terjadwal seperti kuis, tugas, evaluasi belajar dan lain lain.
3) Interactive
Feedback Formatif
Fungsinya
memantau pembelajaran siswa seperti kolaborasi, diskusi, brainstroming.
4) Interactive
Feedback Sumatif
Evaluasi
pembelajaran secara keseluruhan seperti test multiple choice, essay dan lain
lain.
5) Interactive
Feedback antar learner (antar siswa)
Misalnya respon
terhadap tugas teman yang lain, voting dan lainnya
6) Interactive
Feedback untuk diri sendiri
Seperti
pengalaman yang didapatkan siswa setelah pembelajaran.
7) Interactive
Feedback Conctructive
Bersifat membangun,
memberikan arahan yang postif atau evaluasi belajar mereka.
Untuk mencapai pembelajaran yang
efektif ada beberapa aplikasi (Digital
tools) di internet yang bisa kita gunakan dan sangat bermanfat dalam
pembelajaran jarak jauh diantaranya :
1. Aplikasi
Ideaboardz
Ideaboardz
adalah alat kolaborasi tim yang memungkinkan tim melakukan brainstroming,
mengumpulkan input dan merefleksi dan retrospeksi secara kolektif. Aplikasi ini
bisa digunakan untuk kuis atau ice breaking.
Langkah langkah
menggunakan ideboardz
·
Ketik dibrowser “ideboardz”
·
Login dengan menggunakan akun google
·
Masuk ke laman ideaboarz kemudian pilih “create”
·
Kemudian isi semua yang ada dalam box dialognya sesuai
dengan yang dinginkan
·
Langkah terakhir klik lagi create
·
Copy link dan kirimkan link ideaboardz kita ke
siswa
Gambar 1. Tampilan awal Ideaboardz
2. Aplikasi
Answer Garden
Aplikasi ini
lebih simpel lagi, tidak perlu login atau mendaftar dengan akun. Aplikasi ini bisa
kita manfaatkan untuk icebreaking atau memancing pemahaman awal siswa tentang
materi yang akan disampaikan. Caranya sangat mudah denga langkah langkah
sebagai berikut :
·
Ketik dibrowser answergarden.ch
·
Langsung dihadapkan pada halaman awal answer
garden
·
Pilih tanda plus (+) dibagian kanan atas
· Selanjutnya tinggal mengisi dialog box yang ada
didalamnya seperti topic, answer mode, answer length, admin password, reminder email, spam fliter, case dan add local
discoverabillity
·
Klik create
·
Terakhir copy link dan kirimkan ke siswa
Gambar 2. Tampilan
answer garden
3. Mentimeter
Banyak hal yang
bisa lakukan dengan aplikasi mentimeter untuk presentasi, kuis atau mau poling,
survey, jajak pendapat, brainstroming, ice breaking dan lain lain.
Langkah langkah
menggunakan mentimeter adalah :
·
Klik mentimeter.com pada browswer
·
Daftar melalui akun gogle kita
·
Masuk ke laman awal (dasboard)
·
Klik “new presentation” dan “create”
·
Masuk kelaman pengerjaan yang mirip dengan
powerpoint
·
Pilih menu yang sesuai ada “Type”, “Content”,”
Costumize”
·
Pada type pilih yang sesuai apakah multiple choice
atau lainnya
·
Ketik pertanyaan dan atur “result layout”nya
·
Selanjutnya pilih “theme” lalu “configure”
· Terakhir share kemudian copy link dan bagikan pada siswa.
Gambar 3. Aplikasi Mentimeter
Itulah beberapa digital tools
yang tadi saya buat alhamdulillah tugasnya selesai. Digital tools ini bisa kita
gunakan dalam interactive feedback learning dalam proses belajar mengajar daring
agar tercipta pembelajaran yang efektif, Semoga bermanfaat.
Muaro Sijunjung. 14 Februari 2021
Weni Elisa,
S.Pd
NPA :
03100400461
Guru SMA
Negeri 2 Sijunjung – Sumatera Barat
Hari ke 14 “Menulis di Blog jadi Buku “ Tantangan 28 hari “
Semangat Menulis”
Komentar
Posting Komentar