Gamification Belajar Sambil bermain
Gamification Belajar Sambil
Bermain
Saat ini kita berada di era dimana banyak dan mudahnya
Informasi yang didapatkan. Perkembangan teknologi yang sangat cepat memberi
segala kemudahan dalam kehidupan kita. Gadget atau gawai, laptop, internet,
game, media sosial sudah menjadi “teman dekat” kita sehari hari. Apalagi anak zaman
sekarang “kids zaman now’ tak bisa
lepas dari yang namanya game, mereka bisa menghabiskan waktunya berjam jam
hanya untuk bermain game. Kadang berbanding terbalik dengan waktu yang mereka
sediakan untuk belajar. Hal inilah yang membuat krisis kemampuan mempertahankan
perhatian mereka dalam belajar. Yaah walaupun tidak semua siswa begitu, tapi
memang game selalu menarik perhatian.
Apa itu Gamification
Gamification adalah penggunaan desain dan mekanisme game
dalam pembelajaran. Gamification bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi
minat belajar siswa. Bisa dikatakan gamification itu adalah pembelajaran
berbasis game. Karena game sangat familiar dengan anak anak, apalagi dimasa
pembelajaran jarak jauh seperti sekarang siswa mudah merasa bosan dan jenuh.
4 karakter Gamification
1)
Adanya
badges atau reward untuk pemenang
Gunanya adalah untuk meningkatkan
motivasi diri dalam pembelajaran
2)
Adanya
scoring (penilaian)
Mengevaluasi kemampuan dalam
pembelajaran
3)
Adanya
unsur Quest (menantang)
Antusias siswa dalam menyelesaikan
tantangan setiap level dalam pembelajaran
4)
Adanya
LearderBoard (peringkat)
Penasaran untuk bersaing dalam
kompetisi yang sehat
4 alasan pentingnya
gamification
1)
Dengan
adanya kompetisi atau kolaborasi, membuat siswa belajar menjadi lebih
menyenangkan
2)
Adanya
pilihan dan kesempatan dalam rangka mengerjakan misi, mendorong siswa untuk
menyelesaikan aktivitas pembelajaran
3)
Adanya
tujuan yang jelas dan tantangan yang adil, membantu siswa lebih focus dan
memahami materi yang sedang dipelajari
4)
Adanya
investasi kekalahan (kegagalan), mendorong siswa termotivasi dan bereksplorasi
dalam pembelajaran
Apa yang menjadi
hambatan dalam menerapkan gamification
Menurut saya
ada beberapa hal yang menjadi hambatan dalam menerapkan gamification dalam
pembelajaran dan ini pun juga saya rasakan yaitu masih kurangnya pemahaman tentang
gamification dan membuat game yang mudah, keterbatasan sarana prasarana apalagi
bagi sekolah terpencil susah jaringan, guru membutuhkan waktu yang cukup lama
untuk membuat dan mensimulasikanya.
Tapi
sekarang ada solusi untuk kita guru dalam membuat gamification, game-game sederhana
tapi menarik yang bisa kita buat sendiri dan siswa bisa mengakses nya dari
ponsel mereka. Ada beberapa aplikasi yang mudah kita terapkan dengan hanya
melalui browser di internet
1. Aplikasi Wordwall
Cara membuat
aplikasi game dengan wordwall adalah :
-
Ketik
dibrowser wordwall.net
-
Sign Up
dengan menggunakan akun google
-
Create actifity
-
Ada beberapa
pilihan model game disini ada Match up,
Quiz, Open the box, random cards, gameshow, anagram, missing word, maze chase
dan lainya
-
Setelah kita
pilih silahkan dibuat soal dan tinggal diatur sesuai kebutuhan kemudian pilih bagikan
untuk “student” dan “assigment set up”
-
Start dan
copy link
-
Kemudian
bagikan link gamenya pada siswa
Gambar 2. Contoh game dengan model “Game
Show Quiz “
2.
Aplikasi
Oodlu
Cara membuat game dengan aplikasi
oodlu
-
Ketik
di browser Oodlu.org , kemudian login
-
Register
dengan pilihan “I’m teacher dan masukan email yang kita pakai
-
Oke
dan agree
-
Pilih
pada menu “Content dan game”
-
Pilih
“Create Question Collection”
-
Pilih
model Create Question
-
Ada
berbagai plihan model question juga seperti flash card statement, True or
false, Multiple choice, match pairs dan lainnya
-
Selesai
membuat soal dan memilih model pertanyaan, kembali klik content dan game
kemudian direload untuk memastikan soal yang dibuat sudah ada.
-
Kemudian
soal akan muncul dan klik “play”
-
Setelah
itu kita akan diarahkan memilih gamenya seperti Quick play, Baloon Drop, Space
defender , Bubble breakout dan lain lain.
-
Pilih
share kemudian copy link dan tinggal dikirimkan link ke siswa
Gambar
3. Tampilan awal Oodlu
Gambar 4. Contoh game oodlu model space defender
Itulah diantaranya model gamification yang bisa kita terapkan
dalam pembelajaran. Perkembangan zaman telah menuntut kita para guru untuk
lebih kreatif dan melek teknologi. Dengan pembelajaran berbasis game diharapkan
para peserta didik menjadi lebih termotivasi dalam belajar, kegiatan belajar
menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Semoga bermanfaat....
Sumber referensi
Panel Greefleaf belajar. https://fuadizen.netboard.me/kelasonlinegel2/?link=t1vvzMlw-hrAs9fdg-msqc7yC6&tab=272523..
Muaro Sijunjung. 17 Februari 2021
Weni Elisa,
S.Pd
NPA :
03100400461
Guru SMA
Negeri 2 Sijunjung – Sumatera Barat
Hari ke 17 “Menulis di Blog jadi Buku “ Tantangan 28 hari “
Semangat Menulis”
Komentar
Posting Komentar